Di era serba modern ini, semua orang bisa melakukan investasi untuk masa depan yang lebih cerah. Ibu rumah tangga yang berusaha melakukan pengelolaan keuangan sebaik mungkin, wajib mencari informasi tentang investasi digital. Investasi adalah jaminan finansial masa depan yang lebih terarah agar Anda tetap memiliki finansial yang stabil meski tidak bekerja lagi.

Ibu rumah tangga bisa mencoba 5 kiat investasi ini!

Bila Anda seorang ibu rumah tangga yang bekerja, memiliki usaha sampingan atau hanya mengandalkan gaji dari salah satu pihak, maka mulailah investasi kecil lebih dulu. Berikut cara memulai investasi bagi ibu rumah tangga yang wajib Anda coba yaitu :

1. Menentukan tujuan investasi Anda

Sebagai seorang ibu yang mengelola keuangan keluarga, cobalah membuat tujuan investasi lebih dulu. Anda harus membuat kalkulasi perencanaan keuangan yang baik dengan menentukan rincian pengeluaran lebih detail. Pastikan ada prosentase investasi meski hanya 5-10 persen untuk tujuan tertentu, misalnya pendidikan anak.

2. Menghitung nilai investasi yang Anda butuhkan

Memulai investasi bisa Anda lakukan sejak awal menikah dengan rincian yang lebih detail. Misalnya Anda ingin nilai investasi untuk pendidikan anak 5-10 tahun mendatang dengan jumlah 10 juta, maka buat nominal yang Anda perlukan untuk menabung per bulan dalam kurun waktu tersebut.

3. Memilih produk investasi yang tepat

Kenali jenis-jenis produk investasi yang paling aman dan minim risiko lebih dulu mulai logam mulia, deposito berjangka, reksadana, dan lain-lain. Jika Anda cemas dengan potensi risiko, ada baiknya pilih investasi yang lebih aman saja seperti logam mulia. Sedikit demi sedikit bukan masalah sebab Anda bisa mengumpulkan nilai besar dalam waktu tertentu.

4. Mencoba investasi yang lebih menguntungkan

Saham memang lebih menjanjikan keuntungan dibandingkan investasi lain, tetapi Anda harus kuat dengan faktor risiko yang tidak kalah tinggi. Pemula yang ingin belajar investasi, bisa memilih reksadana saja. Anda bisa mencoba investasi reksadana di platform digital yang lebih mudah dan praktis dewasa ini. Bebas biaya tambahan, bisa dilakukan kapan dan di mana saja, kenapa tidak?

5. Konsisten

Investasi tidak akan memberikan hasil yang maksimal bila Anda tidak konsisten menabung atau melakukan investasi setiap bulan. Selalu rutin melakukan investasi dan tidak terpengaruh gaya hidup yang boros di era milenial. Konsistensi Anda akan membawa perubahan dalam waktu perencanaan keuangan keluarga kelak.

Yuk, mulai investasi bagi pemula yang ingin mendapatkan jaminan finansial yang lebih baik di era digital ini! Kini Anda bisa menggunakan aplikasi digital untuk mulai investasi baik deposito berjangka, emas digital hingga reksadana yang lebih mudah. Pendanaan yang menerapkan sistem bunga juga bisa menjadi pilihan Anda yang ingin menjadi investor pemula. Investasi adalah tonggak masa depan Anda dan keluarga agar terhindar dari laju inflasi tabungan konvensional.

5 Tips Memulai Investasi bagi Ibu Rumah Tangga