6 Cara Tumbuh Tinggi dengan Cepat secara Alami

Tentu saja memiliki tinggi badan ideal menjadi harapan Anda. Berdasarkan sumber, maka 80% persen dari pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh faktor genetik. Meskipun bukan penentu utama, namun sisanya terpengaruh oleh aktivitas rutin dan asupan gizi yang lengkap. Ingin memiliki tinggi badan ideal, ikuti cara tumbuh tinggi dengan cepat secara alami berikut ini.

1. Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi

Tips untuk meninggikan badan secara alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi gizi seimbang bagi perkembangan baik tubuh maupun pikiran secara keseluruhan. Tubuh perlu untuk diberikan asupan baik diantaranya sayuran, biji-bijian, susu, dan buah-buahan segar.

Semua jenis makanan diatas bisa membantu untuk memperkuat tulang Anda. Sehingga, bisa tumbuh dengan maksimal. Komponen nutrisi terpenting untuk meningkatkan kepadatan tulang adalah vitamin D dan Kalsium.

2. Makanlah Lebih Sering

Anda bisa menambah frekuensi makan menjadi lebih sering demi menambah tinggi badan. Sebagai contoh, Anda bisa makan empat hingga 6 kali dalam sehari. Namun, hal ini bukan berarti Anda hanya asal makan saja. Menu makanan yang dikonsumsi harus tinggi karbohidrat kompleks, protein, mineral, dan vitamin.

3. Hindari Lemak dan Gula

Hindarilah asupan tinggi akan kandungan lemak jahat, diantaranya lemak trans dan lemak jenuh dan tinggi gula. Makanan mengandung gula tinggi yaitu kue, permen, biskuit, dan roti. Sementara itu, fast food mempunyai kandungan lemak tinggi.  Sehingga, makanan ini membuat pola makan menjadi tidak sehat. Bahkan, lemak dan gula berlebih mendatangkan komplikasi kesehatan pada masa akan datang.

4. Cukupi Kebutuhan Istirahat

Jika Anda kurang istirahat, tentu akan menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan. Baik anak-anak maupun remaja, kurang tidur dapat mengganggu tumbuh kembang mereka. Hal ini karena proses perkembangan dan pertumbuhan tubuh memerlukan asupan energi tinggi. Salah satu cara dalam mengisi energi yaitu dengan istirahat cukup.

5. Perbaikilah Postur Tubuh

Cara selanjutnya untuk membuat tumbuh tinggi secara cepat dan alami adalah dengan memperbaiki postur tubuh. Posisi tidur tidak benar dan kebiasaan berdiri dapat menyebabkan postur tubuh jadi kelihatan lebih pendek. Sebagai contoh, ketika Anda terbiasa untuk membungkuk, maka postur tubuh menjadi kurang proporsional.

Supaya mempunyai tinggi badan ideal, maka memperbaiki postur tubuh merupakan hal penting. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan untuk bersikap benar dan juga berjalan secara tegak, supaya badan terlihat lebih jenjang.

6. Jaga Berat Badan

Obesitas dapat berdampak buruk dengan pertumbuhan tinggi badan. Dengan demikian, demi mendapatkan tinggi badan ideal, Anda perlu untuk menjaga berat badan selalu ideal. Hal ini bisa Anda lakukan dengan olahraga teratur dan diet seimbang.

Demikian berbagai cara tumbuh tinggi dengan cepat secara alami yang bisa Anda lakukan. Meskipun tinggi badan lebih banyak dipengaruhi oleh genetika, namun dengan gaya hidup sehat sejak dini, maka Anda bisa mendapatkan tinggi badan maksimal.

6 Cara Tumbuh Tinggi dengan Cepat secara Alami