Sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan, pemerintah mengenakan biaya pada warga dan bisnis mereka yang kemudian digunakan untuk memenuhi tuntutan anggaran mereka. Ini termasuk membiayai proyek-proyek pemerintah dan publik serta membuat lingkungan bisnis di negara ini kondusif untuk pertumbuhan ekonomi. Terdapat beberapa manfaat membayar pajak, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kesehatan

Kontribusi pemerintah pada sektor kesehatan dapat dilakukan, dikarenakan pajak. Dengan pajak maka pemerintah menggunaknnya untuk mendanai layanan kesehatan seperti perawatan kesehatan sosial, penelitian medis, jaminan sosial, dan lain sebagainya.

  1. Pendidikan

Salah satu penerima uang pajak yang paling layakadalah sektor pendidikan. Pemerintah menempatkan banyak kepentingan dalam pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan juga merupakan pusat dalam pembangunan ini. Uang dari pajak disalurkan untuk mendanai, melengkapi, dan memelihara sistem pendidikan publik.

  1. Tata Kelola

Dilansir dari Fortune Indonesia: Berita Ekonomi Terbaru, komponen penting dalam kelancaran urusan negara adalah tata kelola. Tata kelola yang buruk akan memiliki konsekuensi yang luas di seluruh negeri dengan beban berat pada pertumbuhan ekonominya. Sedangkan tata kelola yang baik memastikan bahwa uang yang dikumpulkan digunakan dengan cara yang menguntungkan warga negara. Uang ini juga digunakan untuk membayar pegawai negeri, polisi, anggota parlemen, sistem pos, dan lain-lain. Namun, dengan bentuk pemerintahan yang baik dan berfungsi, tidak akan ada perlindungan yang efektif terhadap kepentingan umum.

  1. Proyek Sosial

Pembangunan infrastruktur, transportasi, perumahan, dan lain sebagainya adalah merupakan beberapa sektor lain yang dapat dibangun dari pajak.

  1. Kesejahteraan Rakyat

Selain proyek-proyek sosial, pemerintah juga dapat menggunakan uang yang dikumpulkan dari pajak untuk mendanai sektor-sektor yang penting bagi kesejahteraan warganya seperti keamanan, penelitian ilmiah, perlindungan lingkungan, dan lain sebagainya. Sebagian dari uang tersebut juga disalurkan untuk mendanai proyek-proyek seperti pensiun, tunjangan pengangguran, pengasuhan anak, dan lain sebaginya. Tanpa pajak, mustahil bagi pemerintah untuk mengumpulkan uang untuk mendanai proyek-proyek semacam ini

  1. Pentingnya Pajak Bagi Bisnis

Pajak umumnya berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) suatu negara. Sehingga pajak membantu memacu pertumbuhan ekonomi yang pada gilirannya memiliki efek riak pada perekonomian negara, meningkatkan taraf hidup, meningkatkan penciptaan lapangan kerja, dan lain-lain. Pemerintah juga menggunakan pajak sebagai pencegah untuk kegiatan yang tidak diinginkan seperti konsumsi minuman keras, merokok tembakau, dan lain sebagainya. Pemerintah mengenakan pungutan cukai yang tinggi pada produk-produk ini dan sebagai akibatnya, menaikkan biaya produk-produk ini untuk mencegah orang membeli atau menjualnya.

  1. Mempengaruhi Keadaan Ekonomi Negara

Harus ada infrastruktur yang baik seperti jalan, telepon, listrik, dan lain sebaginya, agar bisnis berkembang di negara ini. Infrastruktur ini dikembangkan oleh pemerintah atau melalui keterlibatan erat pemerintah. Ketika pemerintah mengumpulkan uang dari pajak, uang tersebut dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur ini yang mampu mendorong kegiatan ekonomi di seluruh negeri. Bagi bisnis, konsep perpajakan juga penting karena pemerintah dapat mendanai uang ini kembali ke dalam perekonomian dalam bentuk pinjaman atau bentuk pendanaan lainnya. Pajak membantu meningkatkan standar hidup di suatu negara. Semakin tinggi standar hidup,semakin kuat dan semakin tinggi tingkat konsumsi yang paling mungkin.

Nah itulah, 7 manfaat membayar pajak. Tanpa pajak, pemerintah tidak akan mampu memenuhi tuntutan masyarakatnya. Pajak sangat penting karena pemerintah mengumpulkan uang ini dan menggunakannya untuk membiayai proyek-proyek sosial. Oleh karena itu, bagi kalian yang sudah memiliki kewajiban membayar pajakharus dibayar.

7 Manfaat Membayar Pajak