Keputihan secara umum bukanlah tanda datangnya kehamilan, tetapi dengan mengetahui secara dini perubahan yang terjadi saat keputihan datang  maka Anda juga akan mengetahui seperti apa keputihan normal, dan perubahan apa yang terjadi sepanjang siklus tersebut. Jika Anda menggunakan alat untuk mengecek kesuburan tentu saja Anda akan dapat mencocokkan perubahan yang terjadi pada hormon Anda.

Dalam dua minggu pertama pembuahan, sebagian wanita akan mengalami peningkatan terhadap produksi lendir dengan keluarnya cairan dari encer dan putih menjadi lebih kental, lebih kenyal, dan berwarna jernih. Kondisi seperti ini biasa terjadi pada awal kehamilan, tetapi tidak selalu merupakan tanda kehamilan. Keputihan yang muncul pada awal kehamilan kadang lebih kental daripada keputihan sebelum hamil.

Ada banyak kemungkinan yang penyebab keputihan berubah, kondisi seperti ini bisa jadi tanda hamil atau bukan tanda kehamilan. Untuk memastikannya tentu dapat dilakukan tes kehamilan segera setelah 14 hari proses pembuahan (ovulasi). Jika Anda merasa hamil atau mengalami gejala yang tidak biasa (seperti bau busuk, gatal, atau terbakar) di samping keputihan, segeralah menghubungi dokter.

apakah timbulnya tanda keputihan pertanda baik dalam kehamilan

Apakah semua orang dalam keadaan hamil akan Mendapatkan Keputihan?

Tidak semua wanita yang mengalami perubahan keputihan pada saat awal kehamilannya. Namun banyak laporan ditemukan bahwa beberapa orang diantaranya menghasilkan lebih banyak cairan keputihan jika dibandinga pada saat dirinya tidak sedang hamil, ada juga yang mengatakan bahwa keputihan mereka berubah warna atau tekstur menjadi lebih lengket pada saat awal kehamilan tersebut.

Jika ini karena kehamilan, itu akan terjadi bersamaan dengan meningkatnya kadar hormon kehamilan hCG, ini disebabkan embrio janin akan menghasilkan hCG segera setelah pembuahan terjadi, Biasanya Anda akan mengalami gejala ini dari minggu pertama kehamilan. Namun, kebanyakan wanita tidak mengalami perubahan keputihan sampai beberapa minggu setelah pembuahan ketika kadar hCG tersebut lebih tinggi.

Saat umur kehamilan terus bertambah maka selanjutnya Anda akan melihat lebih banyak cairan keputihan yang terus menebal dari waktu ke waktu. Menjelang akhir kehamilan Anda bahkan mungkin akan melihat garis-garis merah muda di keputihan Anda. Ini biasanya muncul sebelum proses persalinan terjadi.

Cara mengatasi keputihan pada saat menjelang persalinan adalah begitu Anda melihat keluarnya lendir serviks yang bergaris-garis besar, Anda harus segera mengunjungi dokter untuk bersiap-siap karena mungkin saja tubuh Anda sudah mulai memberi sinyal untuk proses melahirkan.

Apakah Timbulnya Tanda Keputihan Pertanda Baik dalam Kehamilan?