Pertama-tama, seragam kerja warna biru bisa mewakili sebuah otoritas, struktur, komunikasi, ketergantungan, kepercayaan, dan loyalitas.

Tak jarang beberapa produk perbankan dan investasi seringkali mengenakan pakaian berwarna biru sebagai bagian dari seragam kerja mereka.

Dalam karir kita pun warna tersebut bisa kita kenakan sebagai simbol yang begiku kuat. Diri kita akan memancarkan kontrol mental, konservatif, dihormati, dan diperhatikan sehingga mudah dalam menyampaikan pesan penting.

Orang mungkin hanya berpikir bahwa penggunaan warna cuman sebatas sebagai penarik perhatian saja.

Padahal sudah banyak kok penelitian yang membahas tentang psikologi warna tersebut dan bagaimana orang memandang kita sebagai pemakainya. Alhasil, seragam kerja warna biru pun akan menentukan status kita di keramaian orang banyak, terutama saat bekerja di lapangan.

Baguskah Biru Untuk Seragam Kerja?

Sebenarnya masing-masing warna memberikan nuansa berbeda dan pendekatan yang beragam pula.

Akan tetapi khusus untuk biru cenderung mampu menawarkan sebuah kepercayaan bagi siapa saja yang melihatnya.

Sehingga tak jarang orang mengenakannya sebagai bagian dari seragam kerja di bidang marketing atau promosi.

Untuk aksennya sendiri, kita bisa memadu-padankannya dengan pink atau merah demi memberikan efek maksimal.

Perpaduan antara pink dan biru lembut menciptakan kontras untuk tampilan yang berani. Sementara aksen merah pada seragam kerja warna biru lebih mendekati suatu tren dan modernisasi, sehingga cocok digunakan jika kamu menyasar segmentasi anak muda sebagai konsumen kita.

Efeknya Terhadap Orang Sekitar

Jurnalis dan psikolog bernama Lisa Johnson Mandell pernah menuliskan bahwa warna biru bisa kita manfaatkan sebagai pemancar kepercayaan diri dan keandalan. Makanya tak heran jika seragam kerja atau setelan bisnis memiliki warna dasar tersebut.

Selanjutnya ada pula para ilmuwan dari University of British Columbia yang mengadakan penelitian dan menemukan bahwa warna biru pada seragam kerja mampu memberikan efek menenangkan.

Orang-orang sekitar kita pun cenderung mengasosiasikan seragam kerja berwarna biru pada para pemakainya sebagai orang cerdas, terpercaya, efisiensi, dan tenang dalam kondisi apapun.

Jadi, jangan sembarangan untuk memilih warna dimulai dari hari ini, karena lain jenis lain arti!

Arti Seragam Kerja Warna Biru Menurut Para Ahli dan Psikolog