Tanda Susu Formula Sudah Tak Layak untuk DikonsumsiKonsumsi susu menjadi salah satu cara efektif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Hanya saja memang pemberian susu harus benar-benar dilakukan secara cermat demi kebaikan tubuh buah hati tercinta. Anda harus memilih produk yang tepat agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak secara optimal. Misalnya dengan memilih susu Bebelac yang mengandung nutrisi lengkap dan aman dikonsumsi.

Tanda Susu Tak Layak Minum

Orang tua harus jeli melihat jenis susu yang akan diberikan kepada si kecil. Pastikan bahwa susu tersebut masih dalam kondisi yang bagus dan memang layak untuk dikonsumsi. Jangan sampai susu yang seharusnya menjadi sumber nutrisi ini malah membahayakan kesehatan buah hati. Berikut adalah 5 tanda yang menunjukkan bahwa susu tak layak dikonsumsi:

1. Menggumpal

Ciri pertama, serbuk susu menggumpal tidak berbaur seperti biasa. Ini menjadi salah satu tanda penting yang menunjukkan bahwa susu tersebut memang sudah tidak layak untuk diminum. Biasanya kondisi ini terjadi karena kemasan susu sudah dibuka terlalu lama dan tidak segera dihabiskan. Kontak susu dengan udara akan membuatnya lebih mudah menggumpal.

2. Berubah Warna

Perhatikan warna susu yang akan dibuat. Jika warna susu sudah berubah dari warna aslinya maka bisa dikatakan bahwa produk tersebut sudah tidak layak untuk diminum. Perubahan warna ini menjadi salah satu tanda bahwa telah terjadi perubahan fisik pada susu. Segera cek tanggal kedaluwarsanya dan jangan berikan produk tersebut pada si kecil.

3. Berbau

Selain perubahan bentuk fisik, Anda juga bisa mengecek bau yang muncul dari susu tersebut. Aroma susu yang sudah tidak layak konsumsi sudah pasti akan berbeda. Lain halnya dengan susu baru yang masih segar dan bisa dikonsumsi. Anda bisa mencium adanya aroma tak sedap pada susu yang sudah kedaluwarsa. Jika hal ini terjadi, segera sisihkan susu tersebut dan jangan diberikan pada anak.

4. Kemasan Rusak

Ciri khas lain yang menyebabkan susu tak layak untuk diminum adalah kemasannya sudah rusak. Misalnya saat Anda membeli susu Bebelac baru, periksa dulu keamanan kemasannya. Segel kemasan yang rusak mengindikasikan bahwa telah terjadi kontaminasi antara susu dengan bakteri dari luar. Alangkah jauh lebih baik jika produk susu tersebut digunakan untuk kebutuhan lain, bukan dikonsumsi.

5. Mengendap saat Diseduh

Anda juga bisa melihat kelayakan susu setelah selesai diseduh. Jika susu tersebut mengendap setelah diseduh maka bisa dikatakan tidak layak minum. Susu yang masih bagus dan layak minum seharusnya larut dengan baik saat diseduh. Apabila muncul gumpalan atau endapan maka hentikan saja konsumsi susu tersebut.

Pilihlah produk susu formula terbaik dan bernutrisi lengkap untuk buah hati tercinta. Anda bisa memakai produk dari Bebelac untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Pastikan anak juga mengonsumsi makanan sehat setiap hari untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya.

Awas! Ini 5 Tanda Susu Formula Sudah Tak Layak untuk Dikonsumsi