Driver pada dasarnya adalah perangkat lunak yang dirancang untuk sistem operasi tertentu Windows 10, Linux dan lainnya. OS menggunakannya untuk berkomunikasi dengan perangkat keras lain seperti mouse atau printer. Sebagian besar produsen perangkat keras menampilkan halaman dukungan produk mereka sendiri di mana Anda dapat menemukan driver yang diperlukan untuk diunduh. Untuk menggunakan WiFi di Windows 10, kita harus install driver terlebih dahulu agar pengaturannya bisa dinyalakan. Juga jika kamu belum memasang driver WiFi, maka icon WiFi tidak akan bisa kamu temui.

Hal ini berlaku untuk komputer maupun laptop. Tapi sayangnya tidak semua orang tahu cara memasang driver WiFi-nya. Apalagi mencari driver yang cocok. Nah berikut ini cara instal driver wifi windows 10:

Metode Pertama: Download Driver dari Situs Resmi

  1. Cara pertama adalah mendownload driver Wifi langsung dari situs resmi laptop anda. Misalnya tipe laptop saya adalah ASUS ROG GL503GE, jadi anda tinggal googling saja dengan kata kunci asus driver gl503ge.
  2. Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman download driver Asus. Masukkan kembali tipe laptop beserta sistem operasi yang anda gunakan seperti yang saya kotaki merah.
  3. Nanti akan ditampilkan seluruh driver sesuai dengan tipe laptop anda. Cari driver yang bernama Wireless (nama lain dari Wifi). Cari yang ukurannya dalam MB, karena mustahil driver Wifi ukurannya KB. Pilih Show all.
  4. Pilih driver yang bernama Intel Wireless LAN Driveryang ukurannya sekitar 135MB kemudian klik Download.
  5. Setelah driver berhasil anda download. Silakan anda extract file drivernya kemudian install seperti biasa.

Metode Kedua: Download Driver dengan DriverPack Solution

  1. Download DriverPack Solution Kemudian jalankan aplikasinya.
  2. Kemudian pilih Install automatically untuk menginstall keseluruhan driver yang diperlukan oleh laptop anda, termasuk driver Wifi.
  3. Tunggu prosesnya hingga selesai. Proses ini memakan waktu cukup lama dan anda harus terkoneksi dengan internet.
  4. Seluruh driver laptop anda berhasil diinstall. Restart terlebih dahulu laptop anda sebelum menggunakannya kembali.

 

cara instal driver wifi windows 10