Cara memakai alat kontrasepsi adalah hal yang perlu diketahui untuk seluruh pria dewasa. Salah satu alat konstrasepsi ini yaitu alat kontrasepsi adalah alat untuk mencegah kehamilan yang paling umum digunakan pria ketika melakukan berhubungan intim. Yang pasti penggunaan alat kontrasepsi juga dinilai sebagai cara yang cukup efektif untuk menghindari penyakit menular seksual yang berbahaya. Tetapi, karena banyaknya yang salah menggunakan alat kontrasepsi hal itu membuat pengguna alat kontrasepsi yang benar masih sering terabaikan begitu saja.

Cara Memakai Alat Kontrasepsi yang Salah

cara memakai alat kontrasepsi

Para peneliti sudah memastikan bahwa hasil analisis pada data atas 50 studi yang dilakukan di 14 negara, yaitu ada banyak kesalahan dengan memakai alat kontrasepsi  yang sering terjadi sehingga menyebabkan  kehamilan yang tidak diinginkan dan berbagai penyakit menular seksual lainnya.

1. Tidak memeriksa dengan baik

Alat kontrasepsi jenis ini tergolong cepat rusak, terutama ketika alat kontrasepsi disimpan di dalam saku, kantong, atau di dompet. Faktanya akan lebih baik jika alat kontrasepsi di simpan pada tempat yang lebih luas karena itu sangat berpotensi untuk menjaga keamanan dari alat kontrasepsi tersebut.

2. Tidak memeriksa tanggal kedaluwarsa

Masih banyak sebagian orang awam bahwa memeriksa tanggal kedaluwarsa alat kontrasepsi itu tidak penting. Seharunya melakukan pengecekan pada tanggal kadaluwarsa itu sangat penting. Jika alat kontrasepsi sudah melewati tanggal kadaluwarsa, maka fungsi dari alat kontrasepsi tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik.

3. Baru pakai ketika penetrasi

Dikarenakan baru beberapa orang yang baru menyadari lupa, bagaimana ,menggunakan alat kontrasepsi dan baru menggunakannya ketika penetrasi telah terjadi. Cukup penting untuk untuk diperhatikan,

4. Terbalik

Perhatikan bagaimana cara memakai alat kontrasepsi yang  biasa di lakukan. Jangan menggunakan alat kontrasepsi ini dengan posisi terbalik. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan atau fungsi pada alat kontrasepsi tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

5. Terlalu Ketat

Beberapa orang  tidak memegang bagian ujung alat kontrasepsi ketika akan dipasang pada kelamin laki-laki.  Dan jauhi pemasangan dengan terlalu ketat karena dapat terjadinya kebocoran pada alat kontrasepsi, sisakan ruang pada bagian ujung alat kontrasepsi untuk menampung sperma.

Cara Menggunakan Dengan Benar

Pertama sebelum hal buruk terjadi akibat pemakaian alat kontrasepsi yang salah, akan lebih baik  untuk memperhatikan cara memakai alat kontrasepsi dengan benar.  Justru,  jika pemakaian alat kontrasepsi dengan tepat dapat membantu sesi bercinta semakin terasa aman  dan nyaman bersama pasangan sekaligus mencegah kehamilan saat melakukan berhubungan intim.

Dan juga sebagian besar kemasan alat kontrasepsi pria sudah disertakan dengan tata cara pemakaian, petunjuk yang benar.

  1. Dapat dengan memilhi terlebih dahulu ukuran alat kontrasepsi yang tepat seperti apa, agar  tidak terlalu besar dan terlalu kecil ketika digunakan.
  2. Lalu selalu cek kondisi dan kelayakan pada bungkus alat kontrasepsi, tentu saja termasuk tanggal kedaluwarsa sebelum masa pemakaian nya.
  3. Setelah itu sebelum membuka kemasan, akan sangat baik jika mendorong alat kontrasepsi ke sisi berlawanan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan kerobekan.
  4. Ketika sudah, lakukan dengan membuka bungkus alat kontrasepsi mulai dari sisi paling pinggir kearah luar, jangan ke arah tengah.
  5. Tahan bagian atas alat kontrasepsi tersebut pada atas atau kepala kelamin pria dengan salah satu tangan dan mulai membuka perlahan dengan cara digulung.

Dan itulah beberapa cara dan penjelasan mengenai cara pemakaian alat kontrasepsi yang benar dan salah. Dapat mengusahakan bahwa jangan asal memakai alat kontrasepsi agar terhindar dari segala risiko buruk yang mungkin tidak diinginkan. Alat kontrasepsi seperti fiesta condoms ini sangat disukai oleh para remaja saat ingin melakukan hubungan intim. Selain untuk mencegah kehamilan, alat kontrasepsi ini juga dapat memjaga kesehatan dan kebersihan organ intim.

Cara Memakai Alat kontrasepsi yang Benar dan Salah Untuk Pemula