Sekalipun baterai handphone OPPO memang sudah kuat dan tahan lama, akan tetapi masih ada beberapa aplikasi tertentu yang dapat membuatnya merasa kepayahan.

Sekalipun kamu sedang tak menggunakan aplikasi tersebut, namun jika ia tersimpan di mode multitasking (tidak kamu tutup setelah pemakaian), maka bisa menguras baterai handphone tanpa kamu sadari sama sekali.

Untungnya kita masih bisa menyesuaikan penggunaan baterai handphone OPPO untuk aplikasi tertentu.

Pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu aplikasi mana yang dapat memberatkan baterai sehingga membuatnya terkuras habis lebih cepat.

Di saat yang bersamaan, kita pun bisa memilih aplikasi mana yang ingin tetap aktif di latar belakang handphone, sehingga sistem handphone OPPO kita tak mematikannya.

Langkahnya sangat mudah kok! Tinggal ikuti saja oppotutorial berikut ini!

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih Baterai & Performa.
  3. Pilih Penghemat Energi.
  4. Kemudian ketuk beberapa aplikasi yang ingin kamu optimalkan, atau hilangkan aplikasi yang tak ingin diaktifkan saat sedang tak digunakan.

Sebenarnya, pengoptimalan baterai ini sudah ada semenjak update Android 6.0 atau Marshmallow. Fitur ini berfungsi untuk menghemat masa pakai baterai dan membatasi aktivitas handphone terhadap aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Alhasil fitur pengoptimalan baterai ini akan meningkatkan masa pakai baterai dengan cara menempatkan aplikasi yang jarang digunakan masuk dalam mode istirahat, dan memilih jenis yang sering digunakan (whatsapp, facebook messenger, dan lain sebagainya) berada dalam mode siaga.

Optimalisasi ini biasanya aktif secara default, sehingga harus kita pilih sendiri jenis aplikasi mana yang ingin kamu nonaktifkan.

Namun pengoptimalan baterai ini tak akan berpengaruh banyak jika handphone kamu memang sudah terserang oleh virus dan malware. Software jahat ini biasanya akan menjalankan berbagai macam aktivitas pada latar belakang, sehingga membuat aplikasi bekerja dua kali lipat lebih berat.

Jadi pastikan kamu melakukan scanning secara berkala menggunakan antivirus premium agar terhindar dari virus-virus yang bisa merusak handphone kita luar dan dalam.

Handphone OPPO termasuk ke dalam smartphone berbasis android, yang mana serangan virusnya jauh lebih masif dibandingkan dengan perangkat OS manapun.

Cara Mengoptimalkan Baterai Handphone OPPO dan Aplikasinya