Budidaya dengan bibit ikan nila menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai fokus utama dalam berbisnis. Apalagi kebutuhan pasar terhadap ikan air tawar ini sangat tinggi. Sehingga usaha ini bisa menjadi pilihan yang potensial.

Namun sebelum memulainya, alangkah baiknya jika kamu memilih benih ikan yang berkualitas baik. Bahkan benih ikan unggul akan menentukan separo keberhasilan bisnis ini.

Ciri Utama Bibit Ikan Nila Berkualitas

Jika kamu masih bingung bagaimana menentukan bibit nila yang memiliki kualitas yang baik atau tidak, simak terlebih dahulu penjelasan berikut ini.

Keadaan Fisik Sempurna

Hal yang paling mudah dijadikan acuan sebagai pemilihan benih yang berkualitas adalah dengan melihat keadaan fisik dari ikan itu sendiri. Ini sangat penting saat membeli dari toko yang jual bibit ikan nila terdekat.

bibit ikan nila

Suatu bibit nila, rata-rata memiliki permukaan sisik yang mengkilap. Jadi usahakan untuk selalu memilih dengan cermat, apalagi jika dalam jumlah yang cukup banyak.

Usia Bibit Ikan 4 – 5 Bulan

Saat melakukan pembelian bibit ikan nila, jangan lupa untuk menanyakan usia dari benih tersebut. Karena usia dari bibit ikan dapat mempengaruhi masa panen selanjutnya, rata-rata 4-5 bulan usia bibit ikan sudah bisa dikatakan siap untuk diternak.

Jangan sampai salah usia benih ikan saat melakukan pembelian, karena hal ini akan berpengaruh terhadap proses selanjutnya.

Gerak Responsif

Pergerakan ikan yang aktif, menjadi salah satu penanda bahwa ikan tersebut memiliki kualitas yang baik. Ikan yang memiliki gerak aktif atau responsif, menandakan bahwa bibit ikan tersebut dalam keadaan yang baik atau sehat.

Untuk mencobanya, kamu dapat menaburkan sedikit pakan ikan untuk melihat apakah ikan tersebut mempunyai gerak yang responsif atau tidak.

Memiliki Berat 120-180 Gram

Tidak hanya dari segi fisik saja bibit nila dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik, namun juga dari segi berat yang cukup. Untuk ikan nila sendiri, benih awal biasanya memiliki berat 120-180 gram.

Setelah sampai masa panen, berat ikan nila tersebut dapat mencapai 800 gram hingga 1 kg.

Informasi mengenai ciri bibit ikan nila yang berkualitas tersebut, bisa kamu gunakan sebagai acuan sebelum melakukan usaha budidaya ternak ikan air tawar satu ini.

Ciri-ciri Bibit Ikan Nila yang Berkualitas Unggul untuk Ternak