Tak hanya memberikan solusi untuk beberapa isu konvensional di industri game, komputasi awan alias cloud computing telah sukses mengakselerasi kemajuan industri game sehingga menjadi makin dinamis. Bagaimana bisa itu terjadi?

Sebuah inovasi, untuk bisa berhasil dan diterima secara luas, tak boleh hanya menguntungkan satu pihak. Komputasi awan alias cloud computing dalam hal ini sukses memberikan solusi baik bagi produsen game maupun konsumen penikmat game. Ya, cloud computing merevolusi industri game dengan membantu para kreator menghasilkan lebih banyak penjualan dan pada saat yang sama melibatkan pelanggan melalui pengalaman bermain game yang luar biasa. Apa saja benefit dari cloud gaming?

  • Keamanan
    Mengedepankan protokol keamanan dengan standar industri, cloud computing melindungi sistem Anda dari peretasan. Dalam sistem Cloud, informasi disimpan di dalam ruang penyimpanan virtual dan yang membuat platform lebih aman daripada aplikasi tradisional lainnya.
  • Kompatibel dengan Berbagai Perangkat

Dengan platform cloud, game  yang paling kompleks sekalipun bisa dimainkan bahkan di perangkat biasa. Tak ada lagi isu akibat keterbatasan memori, kapasitas grafis, dan kekuatan pemrosesan, sehingga Anda bisa memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa.

  • Efisiensi Budget

Sistem cloud memakai skema pembayaran ‘bayar sesuai pemakaian’ di mana produsen game cukup membayar sesuai dengan sumber daya yang telah mereka gunakan. Hal ini tentu cukup menguntungkan bagi bisnis sehari-hari.

  • Aksesibilitas Lebih Nyaman
    Konsumen game Anda bisa mengakses game dari perangkat apa pun dari lokasi mana pun tanpa harus mengunduh aplikasi khusus atau bergantung di produk konsol tertentu. Game buatan Anda bisa diakses dari beberapa perangkat seperti smartphone, laptop, perangkat genggam, desktop, dll, yang sudah biasa dipakai dalam keseharian.
  • Dukungan Backend Real-time

Dalam hal kapasitas penyimpanan, aplikasi cloud lebih fleksibel dan scalable; hal ini memampukan Anda sebagai produsen game memberikan informasi kepada para konsumen segera setelah mereka masuk ke akun mereka. Game dengan dukungan backend yang responsif tentu  memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi para gamer dan mempertahankan tingkat kepuasan mereka.

Setelah mengetahui benefit dari cloud computing gaming, sekarang saatnya mengadaptasikannya di keseharian bisnis Anda.

Sebagai industri yang  berkembang pesat, game sudah jadi keseharian banyak masyarakat kita. Tingkatkan nilai kompetitif Anda di pasar dengan cloud computing, dan ciptakan banyak peluang baru. Telkom DWS hadir untuk mendukung kemajuan studio game Anda melalui teknologi cloud computing yang tepat.

Cloud Computing Dorong Percepatan Transformasi di Industri Game