Bintang muda yang merumput di Inggris, Elkan Baggott resmi bergabung dengan Garuda Muda. Debutnya bahkan dipantau, dan dipuji oleh media Inggris.

Debut tersebut pada pertandingan persahabatan dengan Afghanistan. Meski pertandingan dimenangkan oleh Afghanistan, namun adanya sosok pemain yang sudah bermain di tim Inggris ini dianggap mampu memperbaiki lini belakang Indonesia.

Nah, bagaimana debut Elkan Baggott saat bertanding pada 16 November 2021 kemarin di stadion Turki?

Debut Elkan Baggott

Pada pertandingan ini pemain di Ipswich Town usia 23 menjadi bek tengah skuad timnas. Elkan dipercaya pelatih Shin Tae-Yong sebagai starter yang berduet dengan Fachrudin Aryanto.

Kemampuan bek muda yang bersinar di Inggris ini terlihat pada pertandingan tersebut. Dia berhasil menjaga jantung pertahanan dan mematahkan serangan dari para pemain Afghanistan.

Bahkan, Elkan seakan menjadi playmaker di pertandingan tersebut dengan memberikan banyak umpan-umpan. Total umpan yang diberikan oleh Elkan Baggot ini mencapai 200 lebih.

Babak pertama tidak ada gol yang masuk ke gawang Indonesia maupun Afghanistan. Kedua tim sama-sama kesulitan untuk memasukkan bola.

Sayangnya pada debut ini Elkan Baggott harus ditandu keluar lapangan di menit ke 68. Terjadi tabrakan antara Elkan Baggott dengan teman sendiri, yaitu Farshad Noor. Tidak lama dari tabrakan tersebut, akhirnya Elkan Baggott harus keluar dan digantikan oleh Victor Igbonefo.

Tidak beruntung, setelah Elkan Baggot keluar lapangan dan digantikan, gawang Indonesia akhirnya bisa dibobol oleh pemain Afghanistan, Omid Popalzay.

Dipuji Media Inggris

Meski Indonesia kalah dari Afghanistan pada laga persahabatan tersebut, Elkan Baggott masih dipuji oleh media Inggris. Media online TWTD.co dari Inggris tersebut menyebutkan bahwa permainan apik yang ditampilkan Elkan Baggot berhasil membuat lini belakang Indonesia terlindungi.

Fakta bahwa gawang Indonesia tidak kebobolan sampai dirinya ditarik keluar menunjukkan permainan yang luar biasa ditampilkan oleh Elkan Baggott ini. Apalagi Elkan juga mampu melakukan perannya yang sangat luar biasa, selain sebagai bek utama juga berhasil memberikan banyak sekali umpat kepada para pemain lainnya.

Penampilan yang mengesankan itu, bahkan dianggap Elkan Baggot merupakan bek rasa playmaker. Dari umpan yang diciptakannya tersebut menjadi yang tertinggi di dalam laga Indonesia VS Afghanistan.

Bakal Menjadi Andalan Indonesia di Piala AFF 2020

Debut yang dilakoni bersama timnas di laga persahabatan ini membuat pelatih Shin Tae-Yong memberikan kepercayaan besar terhadap Elkan Baggot. Pertahanan yang dilakukan Elkan bersama dengan teman-temannya dirasa sangat terorganisir, dan Elkan berhasil menjadi orang yang punya peran sangat penting.

Fakta lainnya berupa keberhasilan Elkan menjadi pemain yang memberikan umpan paling banyak pada laga uji coba tersebut. Kemampuan luar biasa yang ditampilkannya tersebut merupakan hasil dari permainan dari negeri sepakbola.

Dengan kemampuannya tersebut pelatih Shin Tae-Yong pun telah memantapkan skuad timnas di piala AFF 2020 mendatang. Pada gelaran turnamen yang akan diadakan pada 5 Desember 2021 di Singapura tersebut, Elkan praktis akan memperkuat lini belakang di bagian bek tengah.

Waktu yang tersisa sebelum turnamen ini pun diharapkan mampu membuat skuad Indonesia menjadi lebih solid. Apalagi pelatih Shin Tae-Yong punya target tinggi dalam gelaran tersebut. Mau tidak mau tim harus benar-benar kerja keras untuk memenuhi target yang telah ditentukan tersebut.

Mampukan Elkan Baggott memenangi kejuaran piala AFF yang terdiri dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara itu? Simak terus berita sepakbola Indonesia hari ini terlengkap.

 

Debut Elkan Baggott Luar Biasa, Bahkan Dipuji Media Inggris