Semua orang suka dengan kata ‘free’, tak peduli dari manapun kamu berasal! Sesuai namanya, ‘free’ yang memiliki arti ‘gratis’ cenderung memperbolehkan kita untuk mendownload lagu tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni cara legal atau cara ilegal. Sekalipun cara legal nantinya menawari kita untuk menjadi member premium, namun versi gratisan masih layak untuk kamu gunakan.

Sebut saja Youtube MP3 yang menawarkan versi gratisan selama yang kamu inginkan. Sebagai gantinya, kita tak bisa mendownload lagu untuk didengarkan secara offline serta menyematkan iklan tepat sebelum lagu dimainkan.

Tentunya ini melenceng jauh dari niatan kita untuk dapat menyimpan musik dengan cara download lagu mp3 ke handphone kita.

Dengan begitu, lebih disarankan untuk menggunakan website penyedia lagu secara ilegal sekalipun beresiko membawa virus karena iklan yang tersemat di sana seringkali tidak user friendly.

Sisi Negatif Download Lagu Free

Sisi negatif menikmati lagu dari website legal yaitu adanya iklan dan tak bisa didengarkan secara offline.

Sementara sisi negatif untuk website penyedia lagu gratisan adalah kehadiran virus-virus dari iklan yang mereka sematkan.

Perlu dicatat bahwa virus ini hadir tanpa sepengetahuan pemilik website, melainkan kesalahan terletak pada penyedia platform iklan.

Tapi tetap saja, menggunakan jaringan berbagi untuk mengunduh musik berhak cipta bisa sangat merugikan para musisi yang bersusah payah menciptakan karya terbaiknya.

Sisi Positif Download Lagu Free

Tapi di samping sisi negatifnya, ada pula sisi positif yang ditawarkannya. Misalnya, lagu yang digratiskan lebih mudah untuk viral.

Dengan kata lain, artis dan musisi pun akan lebih mudah terbantu untuk semakin terkenal dan menaikan namanya di dunia hiburan.

Untuk alasan ini jugalah, banyak para artis dan musisi yang banting stir dalam memonetasi karya mereka, dari jualan CD menjadi bergaya sponsorship atau endorsement.

Salah satu contohnya bisa kamu lihat di Youtube, yang mana lagu-lagu mereka ditonton hingga ratusan juta bahkan miliaran orang.

Tentu saja, semakin banyak yang menonton maka akan semakin meningkatkan royalti mereka dalam bentuk periklanan.

Download Lagu Free, Sisi Positif dan Negatifnya