Ciri-Ciri Freon AC Mobil Korea Hyundai Sudah Habis dan Solusinya

Salah satu hal yang membuat kamu nyaman saat berkendara adalah adanya AC mobil. nah, agar AC mobil tetap dalam mengeluarkan suhu dingin, kamu harus rutin melakukan perawatan. Salah satunya adalah memperhatikan kondisi freon AC mobil hyundai.

Freon merupakan salah satu elemen penting yang ada pada sistem AC baik untuk mobil atau untuk AC rumahan. Freon ini berupa gas yang berperan sebagai sumber pendingin ruangan pada ventilasi AC.

Kalau freon pada AC MOBIL HYUNDAI kehabisan, maka AC tidak bisa mengeluarkan suhu dingin. Namun masalah yang sering terjadi seperti kebocoran pada gas freon ini sangat sulit untuk diketahui. Mengapa demikian? Freon adalah gas yang sering kali menguap walau pada temperatur dingin.

Ketika ada lubang kecil pada selang AC, maka butuh waktu lama untuk freon menguap. Ketika freon sudah habis, kamu harus menggantinya dengan yang baru. Namun kalau kamu langsung menggantinya, tetap saja freon akan tetap habis dan harus mengisi lagi.

Jadi sebelum melakukan pengisian ulang, kamu harus mengecek dimana kebocoran terjadi dan harus diperbaiki. Setelah melakukan pergantian bisa langsung mengisi dengan yang baru.

Ciri-Ciri Freon AC Mobil Korea Hyundai Habis

Memang cukup membingungkan kalau sudah berurusan dengan Freon AC, apakah habis atau ada masalah lain. Mengira freon habis ternyata ketika dibuka masih penuh, tentu sia-sia kan sudah membeli tidak dipakai.

Agar kamu tidak kebingungan, akan lebih baik tahu ciri-ciri freon AC mobil Korea Hyundai habis atau ada masalah lainnya. selengkapnya bisa simak penjelasan berikut :

  1. AC tidak dingin dan hanya keluar angin saja

Salah satu ciri-ciri freon ac mobil habis adalah AC tidak mengeluarkan suhu dingin dan hanya terasa angin saja. Walau kamu sudah atur suhu paling dingin dan ternyata suhunya tidak dingin, ini menandakan ada masalah pada sistem AC mobil.

Masalah yang terjadi ini bisa saja karena ada masalah pada kompresor, kipas pendingin yang mati atau freon habis. Biasanya ketika freon ini habis, AC berjalan normal namun tidak mengeluarkan suhu dingin dalam kabin.

  1. Kompresor AC tetap bekerja secara normal

Ketika muncul suara ketukan di dalam mesin saat menyalakan AC namun magnetic clutch terus tersambung saat AC On maka ini menandakan freon AC mobil hyundai sudah habis. Hal ini terjadi karena adanya kebocoran pada selang, sehingga dalam selang terpenuhi oleh udara.

Udara sendiri memiliki sifat kompresi sehingga ketika kompresor bekerja hanya memompa udara. Sehingga ini menyebabkan tekanan udara pada selang high pressure tidak maksimal. kalau freonnya padat, hanya tekanan sedikit saja langsung bisa naik.

  1. Tidak ada freon pada sight glass

Kalau kamu menemukan hal ini pada kabin mobil. kamu bisa langsung melakukan pengecekan sirkulasi AC. Komponen yang kamu cek adalah sight glass sebuah kaca bulat transparan yang berperan untuk melihat sirkulasi freon pada sistem AC.

Ketika freon habis tidak ada yang mengalir pada sight glass. Memang berbentuk gas, namun kalau freon ada tekanan akan berubah menjadi cairan.

Lalu untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan teknik tradisional untuk mengecek lokasi kebocoran selang freon. Cara selanjutnya kamu bisa menggunakan leak detector untuk mengetahui lokasi kebocoran pada selang freon.

Kamu juga bisa langsung memperhatikan bagian selang mana yang terdapat rembesan atau bekas kebocoran freon. Sehingga bisa langsung melakukan tahapan selanjutnya entah mengganti atau menembelnya.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa ciri-ciri freon AC mobil hyundai habis karena mengalami kebocoran. Semoga dengan adanya penjelasan ini kamu tidak bingung masalah yang terjadi pada freon AC pada mobil.

freon ac mobil hyundai
FREON AC MOBIL HYUNDAI
FREON AC MOBIL HYUNDAI