Inilah Tahap Perkembangan Kognitif pada Anak Menurut Teori Piaget

Tahap perkembangan kognitif pada anak menentukan kecerdasannya di masa yang akan datang. Masa anak-anak memang sering dikatakan sebagai periode emas untuk menanamkan  pelajaran. Namun, masih banyak orang tua yang salah dalam melihat perkembangan anak sehingga memaksa anak untuk menguasai pengetahuan tertentu.

Karena itu, pengetahuan orang tua terkait perkembangan anak harus ditingkatkan. Orang tua harus bisa memahami bagaimana tahapan perkembangan anak yang sesungguhnya. Hal ini bisa menunjang kualitas didik orang tua kepada anak-anaknya.

Tahap Perkembangan Kognitif pada Anak

Pernahkah kamu mendengar tentang teori Piaget? Ya, teori Piaget merupakan salah satu teori yang dicetuskan oleh Jean Piaget, yang mana ia menjelaskan tentang tahap perkembangan kognitif anak.

Jean Piaget adalah seorang ilmuwan kelahiran Swiss yang sudah berkontribusi terhadap berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, sosiologi, psikologi, juga epistemology.

Menurut teori Piaget, kemampuan kognitif anak berkembang secara bertahap berdasarkan usianya. Pemaksaan terhadap kemampuan anak pada masa perkembangannya dapat mengganggu periode emas anak. Baiklah, berikut merupakan 4 tahap perkembangan kemampuan kognitif anak menurut teori Piaget.

Tahap Pertama

tahap perkembangan kognitif anak yang pertama dimulai ketika anak berusia 0 sampai 2 tahun. Pada usia ini, anak mempunyai kemampuan sensor motorik yang befungsi untuk menangkap objek-objek yang ada di sekitar.

Pada periode ini, anak akan meniru apa yang dia saksikan, ini menjadi proses untuk ia mendapatkan pengetahuan dari mengeksplorasi lingkungannya.

Tahap Kedua

Tahap kedua ini sering disebut juga tahap pra-operasional, ini terjadi pada rentang usia 2 sampai 7 tahun. Selama periode ini. anak sudah berpikir secara simbolik, yang mana anak bisa menggunakan logika, mengubah, memisahkan, atau menggabungkan ide.

Perkembangan anak pada periode ini terdiri dari membangun pengalaman tentang dunia melalui proses adaptasi

Tahap Ketiga

Sudah masuk ke tahap perkembangan kognitif ketiga, yaitu Tahap Operasional Konkret. Tahap ini terjadi pada anak usia 7 sampai dengan 11 tahun. Periode ini merupakan periode awal dimana anak mulai bisa berpikir secara logis.

Pada tahap operasional konkret, si kecil sudah cukup dewasa untuk berpikir secara logis, tetapi hanya mampu menerapkan logika pada objek fisik. Anak sudah bisa menunjukkan kemampuan konservasi. Ia belum bisa berpikir secara abstrak, hanya mampu memecahkan masalah dengan cara logis.

Tahap Keempat

Tahap keempat atau tahap operasional formal merupakan tahap perkembangan kognitif terakhir pada anak menurut teori Piaget. Tahap ini dimulai ketika anak berusia 12 tahun dan berlangsung hingga ia dewasa.

Saat memasuki periode ini, remaja memiliki kemampuan untuk berpikir secara abstrak dengan memanipulasi ide pada kepalanya. Seorang remaja sudah bisa melakukan perhitungan matematis, menggunakan penalaran abstrak, berpikir kreatif, serta membayangkan hasil dari sebuah tindakan tertentu.

Inilah Tahap Perkembangan Kognitif pada Anak Menurut Teori Piaget