Penyebab Masalah StuntingMasih terdengar asing bagi telinga masyarakat Indonesia tentang istilah stunting. Padahal, masalah kesehatan tersebut sebenarnya cukup umum dialami dan sering terjadi di negara tercinta kita ini. jadi masalah tersebut jangan sampai dianggap sepele ya.

Secara umum, masalah stunting bisa diartikan sebagai salah satu penyakit kronis yang mempengaruhi faktor pertumbuhan anak-anak. Lantas apa penyebab stunting itu? Pensaran bukan, yuk simak ulasannya sebagai berikut.

Apa Saja Faktor-Faktor yang Menjadi Masalah Stunting?

Mengingat bahwa stunting ini merupakan masalah kesehatan yang cukup membahayakan. Alangkah baiknya untuk memahami faktor-faktor penyebab hal tersebut. Dengan begitu, kalian bisa melakukan tindakan pencegahan untuk menghindarinya.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan masalah stunting dan wajib kalian ketahui. Simak terus pembahasannya di bawah ini.

  1. Kekurangan Gizi

Saat kekurangan gizi dalam waktu yang lama, hal tersebut merupakan faktor penyebab stunting. Bahkan sejak anak masih dalam kandungan, seharusnya ibu yang mengandung harus memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Penyebab lain penyebab masalah tersebut yaitu rendahnya asupan makanan yang sehat dan bergizi. Dengan kata lain, saat ibu masih mengandung maka pastikan mengkonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari masalah stunting pada anak.

  1. Pola Asuh Berantakan

Masalah lain yang menjadi penyebab stunting bagi anak yaitu pola asuh berantakan atau kurang efektif. Hal ini berkaitan dengan praktik pemberian makananan yang baik kepada anak. Bila orang tua tidak memberikan asupan gizi yang baik, maka bisa saja anak mengalami masalah stunting.

Selain itu, faktor ibu pada masa kehamilan yang kurang diberikan asupan nutrisi seimbang serta pada masa laktasi yang kurang baik juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan otak anak.

  1. Pola Makan

Risiko stunting juga bisa dialami ketika rendahnya akses terhadap makanan dengan nilai gizi yang tinggi. Jika asupan nutrisi dan gizi tidak seimbang, hal tersebut dapat meningkatkan risiko masalah stunting itu sendiri.

  1. Faktor Kebersihan dan Sanitasi

Biasanya risiko stunting ini diakibatkan oleh faktor kebersihan yang ada di dalam rumah. Selain itu, sanitasi yang buruk serta keterbatasan akses pada air bersih akan mempertinggi masalah stunting itu sendiri.

Bila anak tumbuh dan berkembang di lingkungan sanitasi dan kondisi air yang tidak layak. Hal tersebut, dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Maka dari itu, pemerintah sekarang ini benar-benar memperhatikan masalah tersebut dan melakukan program-program terkait kebersihan agar risiko stunting bisa terkendali.

Jadi masalah stunting ini bisa diminimalisir ketika pemerintah dan masyarakat bekerjasama. Dengan melakukan berbagai penyuluhan serta masyarakat yang tahu tentang kebersihan. Maka bisa dipastikan masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Itulah beberapa faktor penyebab masalah stunting yang sering terjadi di Indonesia. Oleh karenanya, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk meminimalisir dampak buruk yang mungkin terjadi.

Kenali Faktor-Faktor Apa Saja yang Menjadi Penyebab Masalah Stunting