Konsep Economy Circular yang Perlu Dipahami Dengan BaikBisa dikatakan jika istilah economy circular atau ekonomi sirkuler menjadi tren dan isu yang hangat di bahas beberapa waktu belakangan ini. Ya, penerapan konsep ekonomi sirkuler menjadi target yang ingin diaplikasikan ke berbagai sektor yang berbeda.

Secara singkat, ekonomi sirkuler memiliki tujuan untuk meningkatkan perekonomian dengan tetap mempertahankan nilai produk. Selain itu, ekonomi sirkuler juga memiliki target untuk meminimalkan dampak sosial dan lingkungan yang berasal dari proses bisnis yang dilakukan. Bisa dikatakan jika konsep ini merupakan bentuk dukungan dari gerakan go green.

Terdapat beberapa konsep dalam ekonomi sirkuler yang perlu diaplikasikan dengan baik agar tujuan dari gagasan tersebut tercapai. Adapun beberapa konsep yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Reduce

Konsep pertama dalam ekonomi sirkuler adalah reduce. Makna dari poin ini adalah mengurangi limbah yang berasal dari aktivitas yang dilakukan. Pengurangan limbah bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggunakan bahan produksi seperlunya serta mengelola limbah dengan lebih baik.

  • Reuse

Reuse memiliki makna penggunaan kembali. Dalam hal ini, beberapa jenis limbah yang dihasilkan melalui proses bisnis nantinya bisa digunakan ulang. Misalnya saja kemasan produk yang digunakan dalam proses produksi nantinya bisa digunakan lagi untuk hal yang berbeda.

  • Recycle

Konsep ekonomi sirkuler selanjutnya adalah recycle. Konsep ini berarti daur ulang atau yang dipahami sebagai upaya untuk menjadikan limbah atau barang bekas menjadi barang baru dengan manfaat yang baru pula.

Misalnya saja, sampah organik yang berasal dari sisa makanan diolah untuk menjadi pupuk kompos. Pupuk kompos tersebut nantinya bisa digunakan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

  • Refurbish

Refurbish memiliki arti pembaruan. Makna dari konsep ini adalah produk yang sudah rusak atau tidak diinginkan lagi oleh konsumen nantinya akan diperbaiki oleh produsen. Proses ini akan menghasilkan produk baru dengan kualitas yang cenderung lebih baik. Umumnya, proses refurbish diterapkan di industri elektronik.

  • Renew

Renew merupakan konsep yang berarti bahwa proses produksi harus menciptakan inovasi dari aktivitas yang dilakukan. Inovasi yang dilakukan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dari produksi termasuk agar limbah yang dihasilkan cenderung lebih sedikit.

Tidak hanya itu, proses renew juga bisa diartikan sebagai pembaruan dari bahan produksi yang digunakan. Bisa jadi, produsen melakukan inovasi dengan cara menggunakan bahan yang cenderung lebih ramah lingkungan dalam proses produksi tersebut.

Beberapa hal di atas merupakan konsep mendasar dari ekonomi sirkuler yang kini banyak diupayakan oleh pelaku bisnis. Tentu, dengan konsep economy circular yang diterapkan tersebut diharapkan akan ada keseimbangan yang baik antara produksi dan lingkungan yang menaungi. Selain itu, produksi yang dilakukan pun nantinya akan cenderung lebih ramah pada lingkungan.

Konsep Economy Circular yang Perlu Dipahami Dengan Baik