Hampir segala sesuatu di rumah kita membutuhkan sumber tenaga listrik, dimulai dari hiburan hingga kebutuhan sehari-hari.

Tak perlu dielakkan pula bahwa gaya hidup semacam itu sangatlah boros baik secara pribadi maupun umum.

Listrik kita dihasilkan oleh pembakaran batu bara yang semakin hari semakin menipis jumlahnya.

Demi menghemat energi tersebut, ada baiknya kita mulai menggunakan varian yang ramah lingkungan seperti lampu tenaga surya untuk rumah tangga.

Saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan lampu tenaga surya untuk menerangi area luar maupun interior hunian.

Bukan hanya sekedar aksesoris tambahan di taman halaman rumah kita, juga menjadi sumber penerangan yang dapat diandalkan tanpa harus menggunakan colokan listrik.

Soalnya, generator utama dari lampu tenaga surya ini datang dari tenaga panas sinar matahari di siang hari dikonversi menjadi energi listrik untuk digunakan di malam hari.

Apa Lampu Tenaga Surya Bisa Digunakan Seumur Hidup?

Tentu saja tidak! Segala sesuatu di dunia ini memiliki batas usia dan umur, begitupun dengan lampu tenaga surya.

Sekalipun matahari akan terus menyinari hingga dunia kiamat nanti, akan tetapi barang elektronik yang kita beli belum tentu mampu bertahan selamanya.

Hanya saja sisi usianya yang cenderung lama sehingga bisa kita gunakan sebagai bagian dari investasi hunian secara nyata.

Begitupun saat digunakan untuk outdoor dan di jalanan, para pembuat atau street lights manufacturer sebisa mungkin berusaha untuk mendesainnya menjadi lebih kuat dan tahan terhadap cuaca dingin dan ganasnya siraman air hujan.

Namun bukan berarti kita harus lepas tanggung jawab atau berpangku tangan saja. Ada perawatan yang harus dilakukan setiap harinya.

Misalnya untuk lampu tenaga surya rumah tangga yang gampang digapai oleh tangan, maka panelnya harus dibersihkan seminggu sekali dari debu yang menempel.

LED dari lampu tersebut dapat melayani kita tanpa pamrih selama 10 tahun jika dirawat dengan tepat.

Tinggal dibayangkan saja berapa banyak uang yang dapat kita hemat selama 10 tahun tersebut tanpa harus membebani listrik untuk sekedar mendapatkan penerangan di malam hari.

Lampu Tenaga Surya untuk Rumah Tangga