Manfaat Kopi Hitam Bagi Jantung Yang Harus Kamu TahuKopi hitam menjadi minuman yang paling sering dikonsumsi orang-orang sebelum mereka melakukan berbagai aktivitas harian mereka. Manfaat kopi hitam adalah pemicu kenapa kebiasaan ini mereka terapkan.

Kopi memiliki kandungan kafein yang tentunya sangat bagus bagi tubuh. Di mana kopi bisa merangsang sistem saraf pusat tubuh. Caranya dengan meningkatkan energi, metabolisme, stamina tubuh, kewaspadaan, dan juga suasana hati.

Kendati bagus bagi tubuh, terlalu banyak minum kopi juga sangat buruk bagi kesehatan. Misalnya bisa membuat peminumnya terkena sakit perut, mudah cemas, menjadi seseorang jadi terlihat gelisah, mengganggu kualitas tidur seseorang hingga bisa memicu migrain.

Di sisi lain, kopi mengandung ratusan senyawa bioaktif yang  sangat bermanfaat bagi tubuh, termasuk untuk menjaga antioksidan tubuh. Nyatanya memang banyak manfaat yang diberikan kopi hitam, khususnya untuk jantung.

Bagi yang penasaran dan ingin tahu apa saja manfaatnya, simak beberapa manfaat kopi hitam bagi jantung berikut ini :

  • Bisa mengurangi risiko terkena gagal jantung

Studi baru yang dilansir dari jurnal American Heart Association Circulation menjelaskan jika konsumsi kopi bisa mengurangi risiko gagal jantung bagi pengonsumsinya jika dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.

Orang yang banyak minum kopi mempunyai risiko gagal jantung lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak suka minum kopi.

Faktanya, penelitian Framingham Heart Study menemukan adanya penurunan 5 persen hingga 12 persen risiko gagal jantung yang minum kopi hitam per cangkir kopi, dibanding yang tidak minum kopi hitam.

Dr David Kao sekaligus peneliti utama dari University of Colorado Anschutz Medical School menjelaskan bahwa kopi dan kafein dianggap buruk bagi jantung karena palpitasinya tinggi karena tekanan darah tinggi.

Namun hubungan yang konsisten dengan peningkatan konsumsi kafein serta penurunan risiko gagal jantung dapat mengubah asumsi buruk tersebut.

  • Kandungan antioksidan di dalam kopi bisa melawan radikal bebas

Kopi yang merupakan minuman nabati alami punya kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dimana antioksidan utama yang tersimpan di dalam kopi dikenal sebagai polifenol.

Penelitian yang telah dilakukan menjelaskan bahwa polifenol berperan sebagai antioksidan yang nantinya membantu mencegah peradangan sistemik serta menetralisir radikal bebas sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Polifenol menawarkan perlindungan untuk meningkatkan fungsi pada pembuluh darah, menambah kandungan kolesterol baik, hingga meningkatkan ketersediaan oksida nitrat ke dalam pembuluh darah jantung.

  • Mengurangi resiko terkena penyakit vaskular

Dari 53 studi yang telah dilaporkan menemukan orang yang minum tiga cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 10 persen dibanding mereka yang tidak punya kebiasaan minum kopi.

Kendati demikian, peminum kopi tetap harus memaksimalkan gaya hidup sehat. Misalnya jangan lupa olahraga, hentikan kebiasaan merokok, jangan konsumsi makanan manis berlebihan dan sebagainya.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Jantung Yang Harus Kamu Tahu