Mengenal Penyebab Konstipasi Pada Anak

Seiring dengan sistem pencernaan yang belum sempurna, konstipasi pada anak adalah salah satu gangguan kesehatan yang kerap terjadi. Oleh karenanya, Anda sebagai orang tua harus memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi. Pasalnya, selain memberikan rasa yang tidak nyaman pada anak, konstipasi akan mengganggu kesehatan mereka secara umum.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang gejala konstipasi dan juga apa yang menjadi penyebab masalah ini. Dengan memiliki informasi yang lengkap, tentu Anda nantinya bisa melakukan pencegahan yang lebih baik agar anak Anda senantiasa sehat.

Gejala Konstipasi pada Anak

Konstipasi pada anak terjadi dengan kemunculan beberapa gejala. Tentu saja, gejala pada konstipasi ini nantinya bisa dijadikan penilaian tentang bagaimana kondisi kesehatan anak tersebut.

Adapun beberapa gejala konstipasi yang kerap kali muncul pada anak diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sakit perut
  • Perut kembung
  • Rasa tidak nyaman pada perut
  • Anak kehilangan nafsu makan
  • Anak cenderung lebih mudah rewel dan kerap menangis saat buang air besar
  • Cenderung menghindari toilet
  • Mengeluarkan sedikit feses pada popok atau celana

Beberapa tanda konstipasi pada anak di atas perlu diperhatikan secara saksama. Tanda yang tidak kunjung hilang menandakan bahwa konstipasi sudah semakin parah.

Penyebab Umum Konstipasi pada Anak

Pertanyaan yang sering muncul adalah apa yang sebenarnya menjadi penyebab dari masalah konstipasi pada anak ini. Nah, ada beberapa hal yang menjadi sebab kenapa konstipasi muncul pada anak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi makanan rendah serat

Salah satu sebab dari munculnya konstipasi pada anak adalah konsumsi makanan yang rendah serat. Sebagaimana diketahui bahwa serat adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk sistem pencernaan anak.

Dengan serat yang cukup, anak akan cenderung lebih mudah buang air besar. Sebaliknya, kekurangan serat membuat anak susah BAB dan konstipasi bisa terjadi.

  • Dehidrasi

Hal lain yang menjadi sebab konstipasi adalah dehidrasi. Anak yang mengalami dehidrasi nantinya akan mengalami kesulitan melakukan BAB. Hal ini dikarenakan kurangnya cairan yang ada di dalam tubuh anak yang berfungsi untuk membantu BAB.

  • Sering menunda BAB

Anak seringkali menunda BAB karena beragam hal, seperti sedang bermain ataupun hal lainnya. Kebiasaan sering menunda BAB ini juga menjadi sebab konstipasi. Pasalnya, BAB yang ditunda akan menyebabkan feses anak menjadi lebih keras.

Beberapa hal di atas adalah sebab umum kenapa konstipasi bisa terjadi pada anak. Selain hal di atas, ada beberapa penyebab lain yang juga perlu diperhatikan seperti perubahan rutinitas pada anak ataupun masalah kesehatan lainnya.

Demikian beberapa ulasan tentang penyebab konstipasi pada anak. Jika anak Anda mengalami masalah ini, ada baiknya jika Anda segera melakukan tindakan dan pemeriksaan agar gangguan tersebut cepat diatasi.

Mengenal Penyebab Konstipasi Pada Anak