Saat Anda ingin menurunkan berat badan, Anda tergoda untuk mencari bantuan di mana pun Anda bisa. Jika pikiran Anda beralih ke suplemen atau obat herbal, perlu diingat bahwa penelitian memberikan banyak ulasan yang beragam. Namun, pastikan Anda mendapatkan obat diet yang tepat dan legal.

Juga, Anda harus tahu bahwa BPOM telah menindak beberapa suplemen penurun berat badan yang memiliki obat resep di dalamnya yang tidak tercantum pada label. Anda tidak selalu bisa mengatakan apa yang Anda dapatkan.

Suplemen tidak diatur oleh BPOM dengan cara yang sama seperti makanan dan obat-obatan. BPOM tidak meninjau suplemen ini untuk keamanan atau kemanjuran sebelum mereka memasuki pasar.

kitosan

Ini adalah gula yang berasal dari lapisan luar keras lobster, kepiting, dan udang. Penggemar mengatakan itu dapat memblokir lemak dan kolesterol agar tidak diserap oleh tubuh Anda.

Apakah itu membantu Anda menurunkan berat badan? Obat Alami, sebuah kelompok independen yang menganalisis penelitian tentang suplemen, mengatakan tidak ada cukup bukti yang dapat diandalkan untuk menilai itu. National Center for Complementary and Integrative Health menyatakan bahwa kitosan belum terbukti efektif untuk menurunkan berat badan.

Chitosan biasanya tidak menimbulkan efek samping, tetapi beberapa orang mengalami sakit perut atau sembelit. Jika Anda alergi kerang, sebaiknya tidak mengonsumsi kitosan, karena terbuat dari kerang.

kromium picolinate

Kromium adalah mineral yang meningkatkan insulin, hormon yang penting untuk mengubah makanan menjadi energi. Tubuh Anda juga membutuhkannya untuk menyimpan karbohidrat, lemak, dan protein.

Ada klaim bahwa suplemen kromium dapat:

  • Turunkan nafsu makan Anda
  • Membantu Anda membakar lebih banyak kalori
  • Mengurangi lemak tubuh Anda
  • Tingkatkan massa otot Anda

Tetapi tinjauan dari 24 penelitian yang memeriksa efek 200 hingga 1.000 mikrogram kromium sehari menemukan bahwa tidak ada manfaat yang signifikan. Obat Alami mengatakan bahwa kromium “mungkin tidak efektif” untuk menurunkan berat badan.

Juga, beberapa orang telah mengembangkan kerusakan ginjal saat mengambil kromium. Anda tidak boleh menggunakannya jika Anda memiliki masalah ginjal.

Asam Linoleat Terkonjugasi (CLA)

Ini adalah suplemen populer yang mengandung bahan kimia yang ditemukan dalam asam lemak yang disebut asam linoleat. Ada klaim bahwa itu dapat membantu mengekang lemak tubuh dan membantu Anda tetap kenyang.

Penelitian tentang CLA untuk menurunkan berat badan beragam. Beberapa menyarankan bahwa bagi sebagian orang, 1,8 hingga 6,8 gram CLA per hari dapat:

Menekan lemak tubuh

Meningkatkan otot

Tetapi penelitian lain menunjukkan itu tidak membantu Anda menurunkan berat badan.

Obat-obatan Alami mengatakan bahwa CLA “mungkin efektif” untuk menurunkan berat badan.

Beberapa peneliti memperingatkan bahwa penggunaan jangka panjang, terutama jika Anda mengalami obesitas, dapat meningkatkan resistensi insulin, yang membuat Anda lebih mungkin terkena diabetes tipe 2. Ini juga dapat menurunkan kolesterol “baik” dalam darah Anda, yang meningkatkan risiko masalah jantung.

Glukomanan

Ini terbuat dari tanaman konjak. Seperti serat makanan lainnya, itu seharusnya membantu Anda menurunkan berat badan dengan menghalangi lemak dalam makanan Anda agar tidak diserap ke dalam tubuh Anda.

Studi yang sangat awal menunjukkan itu mungkin membantu, tetapi bukti lain menunjukkan itu tidak berhasil.

Obat Alami mengatakan ada “bukti yang tidak cukup” untuk menilai seberapa baik glukomanan bekerja untuk menurunkan berat badan.

Tampaknya agak lebih aman jika Anda mengonsumsi suplemen ini sebagai bubuk atau kapsul.

Glukomanan juga dapat mempersulit tubuh Anda untuk menyerap obat. Jadi minum obat Anda 1 jam sebelum atau 4 jam setelah Anda menggunakan glukomanan.

Obat Diet Aman Alami