Banyak orang yang selalu salah kaprah mengenai gaya menulis copywriting. Ada yang bilang itu seperti menulis biasa, review, atau bahkan copas artikel secara bulat-bulat dari media online ke media cetak.

Padahal, copywriting sendiri merupakan sebuah pekerjaan yang tak sesederhana itu, dan malah menjadi tugas pekerjaan yang paling berat karena harus mampu menarik psikologi pembaca di samping menyusun kata-kata.

Secara singkatnya, pengertian copywriting ini adalah sebuah tindakan, tugas, atau pekerjaan untuk menulis sebuah kalimat sebagai tujuan dari proses promosi atau periklanan.

Kata copy sendiri merujuk pada sebuah produk yang dideskripsikan dengan berbagai macam cara ke dalam bentuk konten tertulis yang ditujukan agar meningkatkan brand awareness dan pada akhirnya membujuk seseorang agar mau membeli atau melakukan aksi lainnya sesuai dengan harapan kita.

Ada banyak elemen yang dimasukan ke dalam copywriting. Biasanya berupa curhatan yang dikemas dengan sentuhan drama agar seru saat dibaca, rayuan maut berupa kalimat persuasif, hingga mendidik konsumen agar tak memiliki persepsi yang salah terkait produk atau masalah yang mereka hadapi.

Copywriter Disebut Pula Desainer

Orang bule juga seringkali menyebut para copywriter dengan sebutan desainer, karena tugasnya dalam membuat sebuah seni berbasis tulisan untuk mengoptimalkan kegunaan suatu produk dan kemudian menghasilkan sebuah closing.

Para desainer ini tentunya harus mampu menulis dengan gaya yang diinginkan si target market, dan bukan berdasarkan gaya pribadi.

Alhasil, tuntutan ini memang membutuhkan kemampuan menulis tingkat tinggi, karena tak jarang kita pun harus menulis dari berbagai macam sudut, sisi, dan aspek.

Tapi dari segala tuntutan yang diberikannya, sebuah hasil yang baik dari copywriting bisa lahir jika kita mampu membentuk pengalaman merk dan mendorong konversi melalui kejelasan tulisan, call to action yang membujuk, serta membuahkan kepercayaan dari konsumen dalam jangka panjang.

Dengan kata lain, copywriting bukanlah karir yang bisa dicoba dalam waktu singkat. Orang yang memiliki kebiasaan “datang dan pergi” sesuka hati sangat mustahil untuk dapat menguasai copywriting secara profesional.

Pengertian Copywriting – Ternyata Bukan Sekedar Menulis dan Mengarang Bebas