Di peternakan luar negeri sana, bungkus jaring yang membentuk bulatan jerami telah menjadi pilihan yang lebih disukai untuk menyetok pakan ternak.

Selain mudah digunakan, juga jerami yang terambil lebih efisien dan menyisakan banyak dedaunan serta rumput sehingga memberi gizi kepada ternak kita.

Akan tetapi masalah muncul ketika para petani tidak melepaskan jaring tersebut sebelum diberikan kepada ternak, sehingga dapat melilit di perut ternak dan menyebabkan masalah.

Salah satu alasan pak tani yang tak melepaskan jaring tersebut adalah karena sulitnya diuraikan. Jika dipaksakan, maka akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Untuk alasan ini jugalah, akhirnya para net wrap manufacturer memutar otaknya untuk membuat jaring yang mudah dilepaskan tanpa harus menguras terlalu banyak tenaga, waktu, dan jerami itu sendiri.

Tentu saja, faktor ini begitu penting karena hewan ternak tak bisa membedakan antara makanan dan jaring ketika sudah dalam bentuk gulungan besar.

Sebaliknya, jaring-jaring yang termakan oleh hewan tersebut akan terus berada di saluran pencernaan mereka tanpa tercerna, dan seringkali memblokir atau mengendap di usus, membuat hewan ternak menjadi kembung, kurangnya nafsu makan, kurus, hingga kematian.

Ini karena jaring-jaring tersebut akan membuat mereka tetap kenyang, yang pada akhirnya menyebabkannya kehilangan berat badan dan mati.

Jika itu terjadi, maka kerugian akan dirasakan oleh petani itu sendiri. Tahu sendiri kan berapa harga sapi saat ini! Satu ekor saja bisa seharga puluhan juta rupiah!

Tak tanggung-tanggung, fenomena ini bahkan sudah banyak dipelajari oleh berbagai macam peneliti dunia, salah satunya dilakukan oleh Ekstensi Universitas Negeri South Dakota pada bulan Desember lalu.

Intinya, para petani haruslah melepaskan jaring tersebut sebelum diberikan kepada binatang ternak manapun agar tidak menjadi kerugian dalam jangka panjang.

Jika misalnya tak ingin ribet, maka berarti harus mencari Net Wrap yang berkualitas dan mudah dilepas.

Semakin hari para produsen net wrap semakin berkembang dalam meningkatkan produknya tersebut.

Perawatan dan profabilitas memang akan terus berbanding lurus, begitupun saat berada di dunia pakan hewan ternak.

Peran Produsen Net Wrap Dalam Menghasilkan Pakan Ternak Berkualitas