Di masa pandemi COVID-19, kuliah online menjadi pilihan lain untuk kegiatan mengajar. Siapa sangka di awal tahun 2020 hingga sampai saat ini tahun 2021 kita masih mengalami situasi dimana segala sesuatunya harus dilakukan di rumah.

Dimulai dari bekerja di rumah, bersekolah di rumah, serta aktivitas lain yang dilakukan di rumah. Sejak saat itu, banyak kegiatan belajar di kampus yang langsung mengubah struktur pembelajarannya melalui kuliah daring dan pembatasan aktivitas di sekitar kampus karena ancaman wabah COVID-19.

 

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, hal ini membantu dalam banyak hal. Termasuk mendapatkan pendidikan yang bisa diakses dimana saja. Bagi Anda, terutama mahasiswa baru yang ingin masuk perguruan tinggi, Anda tidak harus datang ke kelas setiap saat sekarang.

Dengan menggunakan akses internet, Anda dapat memperoleh gelar sarjana melalui program sarjana online. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih, tergantung minat Anda. Apalagi dengan bantuan teknologi saat ini, walaupun kuliah online tidak bisa tatap muka, tetap bisa terjadi interaksi dua arah antara dosen dan mahasiswa.

 

Solusi Kuliah Online Di Masa Pandemi

 

1. Manajemen waktu yang lebih baik

Kuliah online dapat menghemat waktu mahasiswa. mengapa demikian? Dengan kuliah online, tidak ada waktu yang terbuang dengan pergi ke kampus. Waktu luang dapat digunakan untuk istirahat, berolahraga, bekerja, berbisnis atau mereview buku pelajaran, mengerjakan pekerjaan rumah, dan memiliki pikiran yang lebih jernih.

Hal ini dapat dilakukan, karena pada dasarnya waktu perkuliahan bukan hanya sekedar mempelajari materi handout. Selama kuliah juga bisa digunakan untuk menggali potensi atau keterampilan di berbagai bidang selain akademik.

 

2. Sesuaikan dengan kecepatan Anda sendiri.
Melalui pengajaran online, Anda dapat menyesuaikan metode belajarnya sesuai dengan kemampuan atau ritme belajar sendiri, tanpa harus terburu-buru mengikuti orang lain. Jika membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajari suatu konsep atau materi, Anda dapat mengulanginya lagi. Jika Anda merasa sudah siap, Anda bisa melanjutkan ke materi berikutnya. Ada banyak fasilitas untuk membantu siswa memahami kursus. Misalnya, video, konsultasi dengan dosen, dan mengakses materi dari sumber lain dapat membuat mahasiswa lebih termotivasi di dalam pembelajaran.

 

3. Biaya lebih terjangkau.
Biaya kuliah bervariasi dari universitas ke universitas, dan program kuliah online seringkali lebih terjangkau daripada biaya kuliah pada umumnya. Sebab, ketika mahasiswa mengikuti kuliah online, mereka tidak menggunakan banyak fasilitas kampus seperti kelas lainnya.

 

4. Bebas memilih jurusan.
Banyak mahasiswa yang merasa salah memilih jurusan saat masuk universitas, karena saat pertama masuk universitas itu ujian standar dan persaingannya sangat ketat. Oleh karena itu, mahasiswa seringkali tidak sesuai dengan minatnya.
Saat kuliah secara online, Anda dapat memilih jurusan sesuai dengan keinginannya sendiri. Di Universitas Muhammadiyah Uhamka, dapat memilih program studi favoritnya, seperti akuntansi, manajemen, komunikasi, hukum dan teknik. Jangan khawatir, ijazah yang diperoleh mahasiswa dalam pengajaran online sama dengan program sarjana biasa.

 

5. Blended Learning

Saat ini program e-learning sedang menjadi topik hangat di dunia pendidikan, karena teknologi yang semakin kompleks akan mempengaruhi metode pembelajaran dan juga akan menjadi lebih kompleks. Perubahan dari mode belajar tatap muka atau face-to-face learning ke mode online memang membutuhkan banyak tenaga dan biaya. Namun, ini bisa dimulai dengan model pembelajaran hybrid. Apa itu pembelajaran campuran? Blended learning pada dasarnya merupakan gabungan dari keunggulan pembelajaran tatap muka dan virtual.

Metode ini menggabungkan kuliah online dan kuliah offline. Selain belajar melalui teks, video, dan materi diskusi yang disediakan secara online, siswa juga dapat mengikuti kelas tatap muka di akhir pekan. Oleh karena itu, Anda bisa langsung bertemu dengan dosen dan teman sekelas dari latar belakang yang berbeda. Mahasiswa dapat mengalami pembelajaran online dan pengalaman kelas seperti kuliah umum.

 

Bagi mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi selama pandemi COVID-19. Anda dapat mempelajari program studi online learning di rumah dan mendapatkan gelar sarjana. Yuk, gabung bersama keluarga UHAMKA sekarang juga.

Solusi Kuliah Online Di Masa Pandemi
Tag pada: