Sumber Makanan Prebiotik yang Mudah dan Murah Untuk Membuat MPASIMemberikan  sumber makanan prebiotik  secara rutin pada bayi yang baru saja belajar makan akan membantunya meningkatkan kualitas saluran cernanya.  dengan demikian usus dapat lebih menyerap zat nutrisi secara maksimal.

Bayi tidak perlu diberikan suplemen khusus prebiotik Karena pada dasarnya banyak makanan alami yang mengandung zat gizi ini. Sehingga yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah mau variasikan jenis makanannya pada makanan pendamping ASI.

Sumber Makanan Prebiotik

Prebiotik secara alami terdapat pada makanan yang mengandung serat tak larut tinggi yang biasanya terdapat pada karbohidrat kompleks. Oleh karenanya beberapa Jenis sumber makanan memang merupakan sumber makanan prebiotik.

Buah-Buahan

Golongan buah-buahan yang mengandung prebiotik tinggi salah satunya adalah pisang.  buah ini sendiri dikenal memiliki karbohidrat kompleks yang yang baik dan diketahui terdiri dari serat tak larut dengan Pati resisten.

Keduanya tidak dapat dicerna oleh tubuh dan dalam keadaan utuh memasuki saluran cerna.  Sehingga memiliki manfaat yang baik sebagai sumber makanan bagi bakteri dan mikroorganisme baik yang hidup di usus. Dengan demikian dapat membantu meningkatkan kualitas saluran cerna

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan yang mengandung prebiotik tinggi adalah kacang merah,  almond, kenari, dan oat. Khusus kacang merah ibu dapat  menyajikannya dalam 2 macam variasi. Tambahkan kacang merah ke dalam makanan pendamping ASI. Lumatkan dulu hingga memiliki konsistensi yang sama.

Ibu juga dapat membuat bubur kacang merah yang lunak dan dapat dan diberikan kepada bayi sebagai kudapan. Pilihan lainnya adalah membuat tim kacang merah dengan tambahan kuah kaldu ayam yang lezat sehingga makanan pendamping ASI lebih bervariasi.

Sebagai bahan utama makanan pendamping ASI lainnya yang mengandung prebiotik tinggi adalah Oats. Ibu dapat membuat bubur aats yang lunak sebagai pengganti beras atau sumber karbohidrat yang lainnya. Selain meningkatkan kualitas saluran cerna, oats ternyata juga mampu memperlambat pencernaan serta mengendalikan nafsu makan.

Bawang-Bawangan

Tahukah Ibu ternyata bawang-bawangan yang berada berfungsi sebagai bumbu dapur juga merupakan sumber probiotik yang tinggi? Untuk memanfaatkannya ibu hanya perlu menggunakannya sebagai bumbu dasar masakan.

Misalnya untuk bawang putih dan bawang bombay masukkan ke dalam kuah sup atau kuah kaldu ayam satau daging sapi. Nantinya gunakan sebagai bahan tambahan cairan yang akan dimasukkan ke dalam bubur atau nasi tim.

Daun bawang pun mengandung prebiotik yang tinggi. Untuk memanfaatkannya, cincang kecil daun bawang dan masukkan ke dalam nasi tim yang akan digunakan sebagai makanan pendamping ASI. Penambahannya selain meningkatkan aroma masakan juga menambah kelezatan nasi tim tersebut.

Ibu dapat memberikan sumber makanan prebiotik sebagai rutinitas pada bayi dengan menambahkannya pada makanan pendamping ASI. Untuk buah-buahan seperti pisang dan apel dapat disajikan terpisah sebagai kudapan.

Sumber Makanan Prebiotik yang Mudah dan Murah Untuk Membuat MPASI