Pengiriman produk sesama dalam negeri hingga ke luar negeri itu bukanlah main-main, apalagi jika muatannya super besar hingga membutuhkan kargo dengan berat hingga berton-ton.

Dari sisi perawatannya saja cukup menantang. Karena ada kalanya konsumen mengembalikan barang tersebut akibat tak sesuai atau rusak di perjalanan.

Alhasil, jenis bisnis semacam ini menuntut nyali yang super besar, terutama pada sisi tekanan mental dan kerugian yang siap untuk ditanggung.

Makanya, kita sebisa mungkin haruslah bekerja sama dengan ahlinya. Misalnya, kita bisa menghubungi atau menggunakan layanan dari perusahaan Transcon Indonesia yang akan meng-handle kargo kita mulai dari Port of Loading hingga Port of Discharge.

Tentunya perusahaan yang disebutkan di atas merupakan contoh saja. Kamu boleh memilih jasa logistik mana saja selama memenuhi kriteria seperti yang akan kita bahas berikut ini.

Kriteria Memilih Tim Logistik

Kita akan mempercayakan semua barang dagangan dalam kargo tersebut kepada pihak ketiga, makanya pemilihan pihak ketiga pun tak boleh dilakukan secara sembarangan.

Sebagai patokan, pastikan perusahaan ini memiliki fitur sebagai berikut:

CS yang Ramah

CS atau customer service haruslah siap membantu kita kapanpun kita butuhkan. Mereka juga haruslah ramah saat kita hubungi biar tak baper.

CS juga menjadi patokan kita dalam menilai sebuah perusahaan. Bukan hanya dari sisi keramah-tamahan, juga aksi yang dilakukan serta pengetahuan yang mereka miliki.

Otomatisasi

Kita hidup di era digital yang bisa meningkatkan efektifitas kerja menjadi maksimal. Begitupun saat menghubungi tim logistik, maka haruslah siap sedia dan bisa kita akses secara online.

Jangan sampai kita memilih tim logistik yang sebagian besar pekerjaannya dilakukan manual sementara saingan menggunakan tim yang serba otomatis.

Bisa-bisa bisnis dan pelanggan kita diembat oleh kompetitor tanpa ampun.

Kemampuan Pemasok

Pastikan juga untuk memilih pemasok logistik yang kompeten dalam penawaran layanan dan memahami kekuatan serta kelemahan pemasok.

Pertama, identifikasi segala macam kebutuhan kamu. Kedua, carilah tim logistik yang mampu memenuhi semua kebutuhan tersebut dalam sekali gibas, atau minimalnya 80% dari total kebutuhan kamu saat ini.

Catatan Kesehatan dan Keselamatan

Dimulai dari jenis kendaraan hingga standar keselamatan yang mereka miliki haruslah dicatat dan diingat dengan baik.

Carilah catatan di masa lalu mengenai kinerja mereka melalui review. Ingat, mereka akan membawa sebagian besar barang kita untuk dipindahkan atau didistribusikan secara langsung.

Jadi jangan sampai hilang atau rusak di tengah perjalanan akibat standar keselamatannya yang rendah.

Tips Mempersiapkan Kargo untuk Pengiriman Logistik