Para pemula yang ingin mengetahui usaha ternak ikan yang cepat panen harus mencari informasi mengenai ikan apa saja dan bagaimana caranya agar ikan bisa cepat tumbuh besar.

Dalam memutuskan untuk beternak ikan tentunya setiap peternak menginginkan agar ikan cepat besar dan dipanen. Perputaran uang usaha ternak yang cepat akan memberikan keuntungan yang lebih baik.

Usaha Ternak Ikan yang Cepat Panen

Kami akan mengulas mengenai jenis ikan dan cara ternak ikan agar cepat panen, simak ulasan berikut ini.

usaha ternak ikan

Ikan nila

Jenis ikan yang mudah diternak yang pertama adalah ikan Nila. Ikan Nila atau yang biasa dikenal dengan ikan mujair ini sangat cepat dipanen karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan hingga 2 tahun saja.

Namun percepatan pertumbuhan bibit ikan nila ini tergantung pada kualitas makanan dan kondisi air yang mendukung. Ikan Nila berasal dari negara Afrika dan Timur Tengah, dalam bahasa Inggris ikan nila sering disebut sebagai tilapia atau ayam air karena pertumbuhan yang subur dan cepat.

Ikan nila biasanya dipanen ketika memiliki berat 2 sampai 4 kg. Jika kondisi air, cuaca yang mendukung, perawatan yang tepat dan pemberian nutrisi yang sesuai maka ikan dapat dipanen atau mencapai bobot yang diinginkan dalam waktu 6 bulan.

Ikan mas

Seperti namanya, ikan mas memiliki warna keemasan dan terkadang ada yang memiliki warna perak. Namun Anda perlu mengetahui bahwa ikan mas termasuk jenis ikan konsumsi yang cukup popular dan banyak orang yang menyukainya.

Ikan mas dapat tumbuh dan berkembang hanya dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun. Ikan mas dapat tumbuh hingga mencapai 27 kg namun untuk dipanen, ikan mas hanya perlu mencapai 2 sampai 4 kg.

Bukan hanya itu, ikan mas juga merupakan ikan yang baik untuk dikonsumsi karena cenderung bertulang. Bahkan tak sedikit restoran dan hotel yang menyediakan menu masakan ikan mas special yang lezat.

Demikianlah beberapa pilihan jenis ikan untuk usaha ternak ikan yang cepat panen. Dengan memilih jenisnya yang terbaik dan tepat akan membuat usaha kita cepat berkembang dan memberikan keuntungan yang lebih baik.

 

Usaha Ternak Ikan yang Cepat Panen, Ini Jenisnya yang Terbaik