Kalau berbicara soal vitamin B Complex sebenarnya ada 8 jenisnya yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Tiap-tiap vitamin tersebut memiliki peranan yang sangat penting agar tubuh kita menjalankan tugasnya dengan baik.

Asal kalian ketahui, bahwa tubuh yang kekurangan vitamin B Complex bisa saja mendatangkan berbagai macam penyakit lho, salah satunya yaitu beri-beri. Maka dari itu menjaga asupan vitamin B tentunya sangat dianjurkan jika kita mengonsumsinya dalam jumlah atau takaran yang tepat.

Manfaat vitamin B Complex Bagi Tubuh

Kalau berbicara soal manfaat vitamin B complex, tentunya sangat banyak apalagi jika dikonsumsi oleh tubuh dengan takaran yang tepat, lantas apa saja manfaat-manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh kita baik laki-laki ataupun perempuan, penasaran bukan? Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

  1. Untuk Laki-Laki

Kalau untuk laki-laki, vitamin B Complex sangat berguna untuk meingkatkan jumlah testosteron, jadi jika kalian mengalami masalah tersebut, maka perbanyaklah minum dan makanan yang mengandung vitamin tersebut. Selain itu, manfaat lain dari vitamin ini juga bisa menambah masa otot yang ada di dalam tubuh kita.

  1. Untuk Wanita Hamil dan Menyusui

Vitamin B Complex juga sangat berguna bagi wanita hamil dan juga menyusui, karena kandungan yang terdapat pada vitamin tersebut bisa mendukung perkembangan otak dari janin dan mengurangi resiko cacat lahir. Selain itu, vitamin tersebut juga bisa mengurangi rasa mual yang berlebihan.

Gejala Yang Timbul Akibat Kekurangan Vitamin B Complex

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B Complex, sebenarnya tubuh kita sudah tercukupi dengan makanan serta minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Namun ada pula beberapa kasus yang memiliki tubuh kekurangan vitamin tersebut.

Ada beberapa gejala yang muncl saat tubuh kita kekurangan vitamin B Complex, adapun beberapa gejalanya seperti munculnya ruam pada kulit, kulit jadi kering, bibir pecah-pecah, lidah bengkak, depresi, mual, diare, dan lain sebagainya.

Gejala-gejala tersebut bisa saling tumpang tindih dengan gejala penyakt lainnya. Maka dari itu, lebih baik segera konsultasikan kepada dokter terdekat untuk mengetahui dengan pasti benarkah gejala penyakit yang muncul disebabkan oleh kekurangan vitamin B Complex ini.

Adapun kondisi kesehatan lainnya juga ikut terganggu jika tubuh kita kekurangan vitamin B Complex, yaitu mengalami anemia, masalah pencernaan, infeksi, peripheral, neuropathy dan masalah kulit yang agak berat.

Maka dari itu kita juga harus menjaga asupan makanan yang menjadi sumber dari vitamin B Complex. Kalian bisa mengkonsumsi keju, susu, telur, daging, ikan, kacang-kacangan, biji, buah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pokoknya jaga asupan vitamin B Complex agar tubuh kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang sangat berbahaya, seperti halnya beri-beri dan lainnya.

Itulah penjelasan terkait pentingnya menjaga asupan vitamin B Complex bagi tubuh kita, salam sehat dan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini.

Wajib Kalian Ketahui, Inilah Pentingnya Menjaga Vitamin B Complex di Dalam Tubuh